TRIP TO SLB NEGERI CICENDO BANDUNG


“Dan Bandung bagiku bukan cuma masalah geografis, lebih jauh dari itu melibatkan perasaan, yang bersamaku ketika sunyi’ – Pidi Baiq
Setiap melihat teman berfoto dengan latar quote fenomenal ini di timeline, ah bawaannya iri bercampur kepo deh,karena itu berarti mereka  sedang di Bandung! Iya, Bandung salah satu destinasi yang pengin dikunjungi segera, ingin merasakan ‘mbolang’ dan menjelajahi setiap sudutnya J
Qadarullah….
Perjalanan ke Bandung akhirnya menjadi kenyataan. Walaupun dalam balutan agenda kedinasan  bersama rombongan MKKS PLB Kota Surakarta untuk melakukan agenda studi banding di SLB Cicendo Bandung, tripnya cukuplah  mengobati keinginan untuk menjelajah Bandung….
Titik kumpul peserta studi banding berada di stasiun Balapan, Solo.
































Ada yang membuat terbelalak setiba di Bandung. Rupanya info kemacetan disana luput J jadi Bandung dalam angan dibayangkan sebagai kota dengan jalanan yang ramah tanpa kemacetan, kota yang tidak hiruk pikuk sebagaimana ibukota, sehingga perjalanan menuju lokasi penginapan usai tiba di stasiun Bandung, masih terasa unpredictable situasion melihat beberapa ruas jalan, samalah seperti di solo kala weekend, perjalanan begitu lambat karena traffic yang sangat padat. 

Kunjungan ke SLB Negeri Cicendo Bandung
Beralamatkan di Jl. Ciendo 2 Babakan Ciamis, Sumur Bandung Kota Bandung, SLB Cicendo Bandung lebih dikenal masyarakat sebagai SLB Tunarungu tertua di Indonesia. Walaupun saat ini sekolah menerima semua ketunaan tetapi rupanya masih perlu sosialisasi untuk itu, kenyataannya mayoritas anak yang datang memang dengan kondisi yang sama.
Begitu memasuki areal sekolah kita akan mendapati bangunan gedung yang terlihat ‘sudah berumur’, ya bukan tanpa alasan kenapa sekolah ini tidak dipugar menjadi bangunan yang modern, karena gedung SLB cisendo merupakan salah satu cagar budaya. Teduh rasanya.
Siang itu ketika rombongan MKKS PLB Solo sampai di  lokasi disambut ramah oleh Kepala sekolah dan beberapa guru, aktivitas  pembelajaran terlihat  masih berjalan. Beberapa orang tua juga tampak menunggu anak-anak di  ruang tunggu yang berada di samping  aula. Areal sekolah yang cukup luas cukup dapat mengakomodir berbagai kegiatan anak-anak, dimulai dari kelas-kelas yang representative, ruang untuk boga, ruang untuk ketrampilan serta display karya dan lain sebagainya.


Sambutan dan penyerahan kenang-kenangan oleh Ketua MKKS PLB Solo



























Kemandirian anak-anak dalam Pengelolaan kantin sekolah, salah satu bentuk implementasi
dari keterampilan tata boga yang diperoleh anak-anak.


Salah satu display di ruang karya seni, hasil karya anak di display dengan rapi
dan terlihat marketable. 

Dalam studi banding kali ini, banyak sharing tentang bagaimana manajerial peserta didik terkait pembelajaran vokasional. Salah satu point penting yang menjadi urgensi adalah bagaimana sekolah dapat memfasilitasi peserta didik supaya berdaya usai lulus, dengan salah satunya  mendapat pekerjaan. SLB Cicendo Bandung telah melakukan kerjasama dengan beberapa perusahaan swasta, memantain koneksi sedari awal sehingga anak-anak dapat diarahkan untuk dapat mengikuti target perusahaan terhadap peserta didik. Dan mendorong para stake holder untuk membuat kebijaksanaan dimana perusahaan seharusnya memberikan porsi untuk menerima karyawan dari anak-anak berkebutuhan khusus ini.
Pendekatan sosial dan penanaman karakter sedari dini ternyata juga menjadi hal yang krusial,  menginat tidak sedikit anak-anak yang telah  lulus justru menjadi ‘biang rusuh’, salah satu kasus yang mendapat concern adalah saat temannya mendapat pekerjaan beberapa anak ini menjadi provokator temannya untuk keluar dari pekerjaannya karena dianggap tidak menghasilkan gaji yang besar.  
Selain menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan anak-anak juga di dorong untuk dapat berwiraswasta, selain memberikan skil sekolah juga memberikan support dengan modal usaha dan pendampingan sampai pada kemandirian. Tentu hal ini menjadi inspirasi supaya target pembelajaran bukan hanya bicara pada penguasaan hal-ahal yang bersifat akademik, tapi lebih dari itu bagaimana supaya anak-anak dapat berdaya, dan  mandiri secara finansial setelah lulus.
 
Salah satu ruang kelas 

Sudut literasi


Foto bersama Kepala Sekolah SLB Cisendo sebelum berpamitan




Nikmat purna dalam sehat
Studi banding, ke SLB Cicendo Bandung kali ini sekaligus dalam rangka pelepasan  2 kepala sekolah yang telah purna tugas. Ada sedih karena ke depan tak lagi dapat intens bersua seperti sebelumnya, ruang silaturahim tentu sudah lain,  tapi sekaligus  senang , haru, bangga karena mengikuti perjalanan beliau-beliau, mengabdi sampai purna, menebar manfaat  dan tetap sehat. Bonus yang luar biasa.
Tak jarang gaya hidup, stress, factor lingkungan seperti polusi dan  lainnya  menjadi alasan banyak yang tidak sampai purna dalam kondisi bugar seperti ini. Mereka berdua masih produktif dan menikmati masa purna dengan kesiapan lahir batin, tanggung jawab telah ditunaikan, saatnya menerima reward dalam sehat dan tetap berbahagia. Tentu tidak mudahbisa memanage diri dalam kondisi seperti ini. Selamat menikmati masa pensiun Bapak dan Ibu.. tetaplah sehat, memaksimalkan diri dalam religi, dan tetap produktif dalam ruang yang berbeda.
Penyerahan kenang-kenangan MKKS PLB Solo
untuk Kepala Sekolah yang telah purna tugas


Penyerahan kenang-kenangan dari Pengawas PLB Surakarta
untuk Kepala Sekolah yang telah memasuki masa purna tugas
 












Enjoy Bandung
Bandung tentu tidak cukup hanya dijelajahi dalam waktu  sesingkat ini, destinasi di  jalan KAA atau braga misalnya, tidak bisa di nikmati layaknya traveller yang bisa ngeteh atau ngobrol santai disana :D Kami harus mencukupkan diri dengan cukup mengetahui lokasinya dari bis di siang yang terik hahaha..  so ini jadi salah satu destinasi yang akan jadi prioritas ketika nanti berkunjung kembali ke Bandung dengan keluarga, dan lebih santai J
 
Gedung Sate

Pasar Baru  Trade Center merupakan salah satu pusat fashion dan kuliner yang banyak direkomendasikan saat ke Bandung, ada 8 lantai yang menjual berbagai jenis barang di setiap lantai. Dan benar saja harga-harganya relatif terjangkau, yang paling penting memungkinkan transaksi tawar menawar, yang selalu jadi kepuaasan pembeli J Sayangnya tidak bisa  menjelajah dengan santai setiap lantai, karena durasi yang dibatasi J tapi ada baiknya juga ini, karena bisa kalap dompet dan waktu kalau dibiarkan :D

Menikmati LEMBANG
Tiba di Lembang cuaca terasa lebih dingin, terlebih saat malam hari. Mengingatkan suasana saat berada di bukit Sekipan, Tawang Mangu. Menuju lokasi dengan Berikut ini beberapa view saat menjelajahi Lembang dalam durasi yang singkat J

























Komentar