PUPUK ORGANIK DARI CANGKANG TELUR

Pupuk Organik dari Cangkang Telur

PUPUK ORGANIK DARI CANGKANG TELUR

Sampah domestik

Dalam aktivitas sehari-hari, kegiatan rumah tangga menyumbang sampah yang cukup tinggi, sampah domestik ini sebagian besar berasal dari aktivitas di dapur. Tengok saja saat kita menyajikan sepiring menu masakan, mendoan misalnya.

Dimulai dari bahan utama, tempe. Kebanyakan tempe dibungkus dengan plastik, beberapa pedagang masih menggunakan pembungkus dari bahan alam seperti daun pisang atau daun jati. Bahan selanjutnya yang dipakai adalah bumbu, salah satunya bawang putih. Dari bumbu ini kita menghasilkan sampah berupa kupasan kulit bawang, terakhir kita membuka tepung dari wadahnya, sebagian besar pembungkus tepung berasal dari plastik. Dari menu ini saja kita menghasilkan 3 jenis sampah, pembungkus tempe, pembungkus tepung dan kupasan kulit bawang. Bayangkan jika kita memasak lebih dari satu jenis masakan.

Diantara begitu banyak bahan masakan, salah satu bahan yang hampir selalu ada adalah telur. Telur dapat digunakan di berbagai jenis olahan masakan. Setiap stok di kulkas mulai menipis, kita sesegera mungkin refill kembali, ya, karena telur adalah bahan makanan dengan segudang manfaat yang dapat diolah dengan praktis, cepat dan enak. Tanpa kita sadari cangkang telur menjadi salah satu bagian dari sampah yang kita hasilkan melalui aktivitas di dapur ini. 

Manfaat Telur 

Menjadi salah satu bahan masakan paling populer, telur memiliki berbagai manfaat bagi tubuh, antara lain:
  • Telur memiliki kandungan protein yang tinggi serta mengandung kalori yang rendah, karenanya telur dipercaya sebagai salah satu sumber protein terbaik. 
  • Telur dapat menyehatkan jantung karena di dalam kuning telur mengandung lutein. Kandungan ini dianggap mampu menurunkan resiko penyakit jantung.
  • Telur merupakan salah satu sumber vitamin dan mineral untuk memenuhi kebutuhan makanan sehat bagi tubuh. 

Mengubah sampah menjadi olahan bermanfaat 
Tahukah, segudang manfaat dari telur ternyata tidak hanya didapati dari kuning dan putih telurnya saja , karena ternyata cangkang telur juga memiliki manfaat yang tidak kalah besar. Cangkang telur dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik karena mengandung banyak nutrisi untuk tanah, antara lain:
  • Memiliki kandungan kaya mineral yang dapat menyuburkan tanah 
  • Kandungan kalsiumnya yang mencapai hampir 90% membuat kandungan kalsium pada cangkang telur ini tinggi dan dapat digunakan untuk memberikan nutrisi baik bagi tanah.
  • Untuk media tanam dengan lahan kecil atau polybag, cangkang telur dapat dijadikan sebagai pengganti kapur dolomit. Kapur dolomit merupakan salah satu unsur yang berfungsi untuk menaikkan pH tanah. 
  • Sebagai pengendali hama, hal ini lagi-lagi karena kandungan kalsium pada cangkang yang tinggi sehingga dapat dijadikan sebagai pestisida nabati, dan menghindarkan tanaman dari berbagai hama antara lain kutu, hama putih, lalat buah, siput dan kumbang. 

Cara Pembuatan Pupuk Organik dari Cangkang Telur

Pupuk Organik dari Cangkang Telur

Cara membuat pupuk organik dari cangkang telur relatif mudah, yaitu :


  1. Cuci bersih cangkang telur 
  2. Keringkan cangkang telur yang telah di cuci  bersih, dapat dengan diangin-anginkan atau dijemur dibawah matahari 
  3. Haluskan cangkang telur dapat menggunakan food prosessor atau  dengan ditumbuk secara manual sampai menjadi halus. 
  4. Cangkang telur yang telah dihaluskan  dapat disimpan dalam   wadah tertutup selama belum  digunakan. 

Penggunaan Pupuk Organik dari Cangkang Telur



Pupuk Organik dari Cangkang Telur
Penggunaan pupuk organik dari cangkang telur ini dengan ditaburkan diatas media, selama ini saya menaburkannya 1 bulan sekali dengan komposisi kurang lebih satu sendok makan disetiap polybag, bisa disesuaikan sesuai besaran media. 

Nah jika anda pecinta telur dan tanaman, alih-alih menciptakan sampah usai memasaknya, cengkang telur ternyata dapat kita ambil manfaatnya dengan mengolah secara sederhana menjadi pupuk organik, sehingga membuat koleksi tanaman kita subur dan terjaga dari hama. 

Jika kita bukan penggemar telur atau intensitas memasak dengan bahan yang satu ini relatif terbatas, cangkang telur bisa didapat dari para pedagang yang banyak menggunakan bahan telur seperti penjual nasi goreng, mie atau pedagang martabak. Bak simbiosis mutualisme, para pedagang terbantu dengan pengelolaan sampah dari cangkang telur yang dihasilkan dan kita mendapatkan bahan untuk membuat pupuk organik dari cangkang telur. 

Pupuk Organik dari Cangkang Telur
Mari lestarikan bumi dari diri kita sendiri, dari lingkungan terdekat kita  Selamat mencoba.. :)

Komentar