BALADA JON KOPLO NGRAYAH UDHIK-UDHIK

BALADA JON KOPLO NGRAYAH UDHIK-UDHIK 
Oleh : WILIS PALUPI 

         Seperti biasa begitu tiba di kantor, Jon Koplo, karyawan sebuah rumah sakit swasta di Solo ini selalu nyelakke ke kantin., ngeteh anget sambil membaca koran yang top markotp di kota solo yang jadi langganannya. Kebetulan hari itu tanggal 29 September 2003, bersamaan dengan acara Tinggalan Jumenengan SISKS Paku Buwono XII. Saat melihat gambar pada headline koran kesayangannya Jon Koplo terlihat makin serius. Maklumlah, beberapa tahun terakhir Jon Koplo memang hobi berat touring ke tempat-tempat berbau budaya. “.......setelah pagelaran tari yang berdurasi kurang lebih 1,5 jam tersebut acara akan dilanjutkan dengan udhik-udhik...” Membaca kalimat kalimat yang tertulis di koran itu , Jon Koplo tiba-tiba teringat pada 3 teman touringnya, Genduk Nicole, Lady Cempluk dan Tom gembus. 
“Wah, bocah-bocah wajib diajak ngrayah udhik-udhik nih!” pikir Koplo buru-buru menutup koran dan menghabiskan teh dan langsung menuju ruangannya. 
          Kurang lebih jam 10 Jon Koplo terklihat beres-beres bersiap take off. Izinnya sih ya ada keperluan penting banget, padahal ya beteknen pengin ngrayah udhik-udhik aja. Tiba di alun-alun utara Jon Kjoplo mencoba menghubungi Lady Cempluk, sohibnya yang berprofesi sebagai guru. Kebetulan hanya Lady Cempluklah yang bisa diajak, karena Tom Gembus sedang tugas ke luar kota dan Genduk Nicole padat jadwal kuliahnya. 
          “Pluk, wis maca koran pagi ini belum? Tanya Jon Koplo antusias banget. 
         “Tadi sih sudah beli tapi belum sempat tak baca lha wong masih ngajar gini kok, lha kenapa ta, mas Jon? Jawab Lady Cempluk penasaran. 
        “Wis kowe ki kebiasaan! Siang ini ada acara udhik-udhik di keraton, bisa ikut ngrayah udhik-udhik nggak? Rugi lho Pluk, mumpung belum dimulai iki! Jon Koplo makin semangat aja ngompori Lady Cempluk.
       “Wah, Mas Koplo ki kok ya ndadhak gini, tapi yo wes lah, emang je nek dilewatkan, aku dijemput ya, Lady Cempluk pun nggenjrit ke kantor mengurus ijin keluar. Ndilalah hari itu dia sudah selesai dengan pelajaran yang diampunya. 
           Lima belas menit kemudian keduanya sudah dalam perjalanan menuju keraton. “Pluk, mengko cari koin mungkin ya. Gembus dan Genduk pasti nyesel ra isoh melu ngrayah udhik-udhik” Ujar Jon Koplo. Lady cempluk mengangguk saja mendengar kata-kata Jon Koplo. Dia mbayangke dua wajah temannya yang kecewa karena tak ikut ngrayah udhik-udhik. Pasti keduanya akan merengek minta koin hasil udhik-udhik. 
      Setibanya dipelataran keraton keduanya cari tempat paling strategis, mulanya mereka hanya berdiri di bawah pohon sebelah barat pintu masuk keraton tapi lama-lama pegel juga, akhirnya ikut nglesot di cakruk yang ada di sebelah barat pintu masuk keraton. Lady Cempluk dan Jon Koplo terlihat Khidmat mengikuti event yang baru kali pertamanya mereka ikuti. Apalagi saat para tamu mulai berdatangan memasuki keraton. 
         Ketika sampai jam 12.00 belum ada tanda-tanda acara udhik-udhik dimulai Jon Koplo dan Lady Cempluk mulai was-was . Tapi seorang Bapak paruh baya yang juga ikut nglesot disana meyakinkan keduanya 
      “Memang kali ini acaranya agak beda kon Mas, Mbak..biasanya jam segini wes dimulai, tapi njenengan pirsani ta tamu-tamu sing rawuh penggede kabeh, paling sebentar lagi, ditenggo sek, eman-eman “. Akhirnya keduanya sepakat nutukke nunggu. Tapi wes disambi ngalor ngidul malah bablas tekan kulon, kok belum dimulai juga. 
         Sampai menjelang Ashar, Jon Koplo yang udah nggak kuat bener pindah posisi ke bawah pohon biar lebih adhem. Lha kok tiba-tiba dia ingat dengan berita koran pagi tadi. 
      “Pluk, kamu bawa koran pagi tadi ini nggak? Coba ndhelok sek” Dengan sedikit heran Lady Cempluk mernyerahkan koran yang babarblas belum dibukanya. 
      “ Lha kenapa ta, Mas Jon?” Tanya Lady Cempluk saat melihat raut Jon Koplo yang terlihat tambah mangkel. 
         “ We lha jan tenan! Coba rungokno, Pluk. “... setelah pagelaran tari yang berdurasi kurang lebih 1,5 jam tersebut, acara dilanjutkan dengan menyebar udhik-udhik. Kalau tahun lalu PB XII menyebar udhik-udhik berupa uang senilai total Rp. 10 juta dalam bentuk pecahan Rp.100, Rp.500 hingga Rp.1000, pada senin ini sebagai ganti udhik-udhik pihak keraton akan memberikan beras bagi yang membutuhkan! Koplo pun membacakan kalimat di koran itu. 
    “Kowe ki ada koran kok ya ra di baca sek, piye jal saiki?!” Sambungnya dengan nada menyalahkan Cempluk. Mendengarnnya, Cempluk hanya plenggongan saja. Setelah mengerti duduk persoalannya, diapun ra isoh ngempet ngguyu. “Lha opo ra luweh parah njenengan, rekak’e moco kok ra tutug. Wes tak rewangi mbolos ngene, jebule ra ono udhik-udhik, luwe pisan!. 
        Kalau sampai Tom Gembus dan Genduk Nicole ngerti apa ora tambah ngisin-isini banget ki ”, ujarnya sambil podho-podho mbesengut-nya. Keduanya langsung take off ke warung soto dekat keraton. Wah, luwe tenan sajak’e.

Komentar