BERKREASI DARI KAIN SISA


Ketika bicara soal pengelolaan limbah, kita tidak akan jauh dari prinsip dasar yang tenar disebut 3R yaitu Reduce, Reuse dan Recycle. Reduce lebih ditujukan dalam upaya meminimalisir penggunaan materi, sehingga tidak akan menyisakan barang atau sampah. Prinsip kedua yairu Reuse, dimana kitamenggunakan kembali barang-barang sehingga tidak berakhir menjadi tumpukan benda tidak berguna. Dan yang terakhir adalah Recycle dimana kita mendaur ulang barang yang tidak berguna supaya dapat digunakan kembali.

CRAFT
Rencana product
Nah, sore ini tiba-tiba teringat prinsip untuk mendaur ulang kembali beberapa kain sisa menjahitkan rok dan dress yang lumayan masih lebar. 
Mau dijadikan lap, boleh-boleh saja sih sebenarnya toh kan berfungsi tapi rasanya eman-eman, karena walaupun kain sisa tapi ini bahannya bagus dan bisa dijadikan sesuatu yang lebih cantik Terpikir untuk membuat wadah yang bisa dipakai untuk meletakkan barang-barang atau digunakan sebagai cover pot.
Yang terbayang wajah sohib yang juga senang dengan tanaman, pengin menjadikannya bingkisan untuk bisa di display di rumahnya yang nyentrik 

Ini adalah konsep wadah yang akan dibuat, untuk ukuran menyesuaikan pot yang akan dimasukkan. 
Sesuai dalam gambar, di bagian luar menggunakan kain dari bahan jeans dan bagian dalam menggunakan kain katun, supaya dapat berdiri pada bagian dalam kain diantara jeans dan bahan katun diberikan busa dengan ketebalan sedang. 

CRAFT
Proses pembuatan hiasan bunga dengan alat punch needle
Langkah pertama, potong kain sesuai bentuk wadah yang diinginkan. Lalu mulai memberikan sentuhan hiasan dengan sulam tangan dan bunga-bunga yang dibuat dengan alat punch needle. 











CRAFT
Setelah hiasan dibuat, satukan bagian bawah (berbentuk lingkaran dengan sisi samping
dengan dijahit.



CRAFT
Ini adalah bentuk setelah di satukan dengan bagian dasar


CRAFT
Tambahkan busa yang berfungsi untuk menegakkan wadah yang akan dibuat, untuk mempermudah
dapat dimulai dengan menjelujur bagian busa yang akan disatukan dengan kain jeans dan kain katun yang sudah disiapkan.
 

Setelah busa di satukan dengen menjelujur , kembali dijahit untuk disatukan semua bagian 
(Busa, kain katun dan jeans)


Penampakan usai semua disatukan, termasuk handle yang terbiat dari bahan Jeans sisa yang ada.



CRAFT
Wadah dari sisa kain telah siap di gunakan sesuai kebutuhan :)

Komentar